PROFIL

SMKN 1 SUKORAMBI
Kecenderungan penerapan standarisasi proses dan produk pada suatu kegiatan usaha sudah menjadi kebijakan sebagian besar lembaga/ perusahaan. Kebijakan ini dalam rangka meningkatkan efisiensi dan kepercayaan pasar terhadap produk yang dihasilkan.

Sejalan dengan kecenderungan tersebut, maka penyelenggaraan kegiatan operasional perusahaan mengarah pada penerapan prinsip-prinsip supplier dan customer. Sementara itu, untuk menghadapi persaingan diera globalisasi SMK Negeri 1 Sukorambi Jember telah ditetapkan Pemerintah sebagai SMK Bertaraf Internasional.

Standarisasi manajemen mutu ISO 9001:2000 oleh “SAI GLOBAL” YANG BERPUSAT DI AUSTRALIA dengan Certificate No. QEC. 23904. Lulusan SMK Negeri 1 Sukorambi Jember mantap, berkepribadian unggul, kompeten, produktif, kompetitif dan langsung siap memasuki lapangan kerja dan dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi melalui jalur khusus dan beasiswa unggulan. Program Keahlian yang diselenggarakan adalah program unggulan yang berorientasi kepada trend kebutuhan pasar

Prestasi membanggakan berhasil diraih SMKN 1 Sukorambi. Sekolah yang beberapa waktu lalu sempat terpuruk kini melejit dengan keberhasilannya meraih sertifikat ISO 9001:2000.

Di negeri ini, belum banyak sekolah yang berhasil meraih sertifikat jaminan kualitas sistem manajemen berstandar internasional ini. Di Jember, SMKN Sukorambi merupakan yang pertama dan satu-satunya.

Sertifikat tersebut berlaku sampai 2010. Setiap enam bulan sekali akan ada pengecekan ulang. Selepas itu, harus ada audit ulang untuk bisa mempertahankannya kembali. SMKN 1 Sukorambi berhasil meraih sertifikat untuk kriteria lembaga pendidikan vokasional (lebih menekankan pada skill) di bidang Training Agriculture, Chemical Engineering, dan Information Technology.

Memang, tak mudah untuk bisa meraih setifikat ISO 9001:2000 tersebut. Sebab, sekolah terlebih dahulu harus lolos audit yang dilakukan oleh lembaga eksternal yang berwenang mengeluarkan sertifikat tersebut. Di SMKN Sukorambi sendiri, audit dilakukan oleh SAI Global Certification Services Pty Ltd, Australia. “Audit dilakukan dua kali,” kata Drs Bambang Irianto MSi, kepala SMKN Sukorambi, kemarin.

Audit pertama disebut dengan pre elementary audit. Audit tersebut dilakukan pada Agustus 2006 lalu. Kemudian dilanjutkan dengan audit kedua pada November 2006 lalu. Hasilnya cukup menggembirakan, sekolah yang kini menyandang status sekolah berstandar Internasional itu lolos dengan sempurna. “Biasanya ada yang tidak lolos atau lolos tapi dengan syarat. Alhamdulillah, berkat kekompakan teman-teman di sini (SMKN Sukorambi) kami lolos dengan utuh,” tambah mantan kepala SMKN 2 Jember ini.

Dengan diraihnya sertifikat ISO ini, ada jaminan standar layanan di SMKN yang terletak di bilangan Brawijaya ini. Mulai pelayanan guru terhadap siswa, orang tua, antar bagian, maupun layanan-layanan akademis lainnya. “Pendek kata kami nggak bisa seenaknya lagi. Semua yang kami kerjakan ada ukuran standarnya dan harus terpenuhi. Selain itu, semua ada record-nya,” kata Bambang.

Dia lantas mencontohkan ketika guru memberikan materi pelajaran kepada siswa. Ada standar-standar yang harus dipenuhi. Mulai dari mempersiapkan bahan ajar sampai apa yang diajarkan maupun dilakukan di kelas. Jika guru tak masuk, tak bisa begitu saja mengalihkan atau meninggalkan tugas. Tapi juga harus merinci tugas dan kepada siapa melimpahkannya. “Semua layanan standar. Jadi, meski diberikan oleh orang yang berbeda, ada standar layanan yang sama dan diharapkan output-nya pun sama,” tegasnya.

Diharapkan, dengan adanya standar layanan itu, sumber daya yang dihasilkan juga akan standar. Artinya, bisa memenuhi kebutuhan pasar kerja.

Bapak Bambang sendiri mengaku sejatinya telah menyiapkan cukup lama untuk bisa meraih sertifikat tersebut. Sejak Desember 2005, proposal untuk meraih sertifikat bertaraf internasional itu sudah diajukan. Kemudian, secara bertahap dia melakukan pembenahan internal. “Cukup lama dan melelahkan karena memang prosedurnya cukup njlimet,” katanya. Namun, semuanya itu terbayar impas. Sejak Februari ini, dua sertifikat ISO 9001:2000 sudah terpampang di sekolah yang dulu lebih dikenal dengan sekolah menengah teknologi pertanian Jubung itu.

Ketenaga Kerjaan

SMK Negeri 1 Sukorambi Jember memiliki sumber daya manusia sebanyak 133 orang, terdiri dari 96 tenaga edukatif dan 37 orang tenaga Tata Usaha yang professional. Dari 96  tenaga edukatif terdiri dari 48 orang guru Produktif, 43 orang guru Adaptif dan Normatif, 5 orang guru BP.

Fasilitas yang dimiliki antara lain lahan seluas 8 Ha, 17 ruang teori, 12 ruang kantor, laboratorium dan bengkel 12 ruang beserta peralatannya, 1 laboratorium bahasa inggris, 3 laboratorium computer dengan 60 unit computer Pentium 4, 1 ruang AVA dan Multimedia. Sedangkan sarana olah raga yang dimiliki antara lain lapangan voli, bulutangkis, tennis dan basket.

Untuk melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda didukung oleh DU / DI seperti berikut ini : PT Glen Nevis Banyuwangi, PT East West Seed Indonesia, PT Multi Benih Unggul Indonesia, PTPN XI (Persero) PG Semboro, PT Charoen Phokpand, Bengkel Nusantara Motor, PT Philips Seafood Pasuruan Indonesia,  PT Mega Plasma Computer, Mega Computer, PIKMI dan PPKIA Jember, dll

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: